Sabtu, 07 November 2015

Bersama PAUD Griya dalam program bersama TFI (Teach For Indonesia) Week 4

Nama Dosen   : Dalmeri Mawardi
Kode Dosen    : D5049
Kelas               : Character Building LJ01
Hari/Tanggal   : Senin, 2 November 2015
Pukul               : 08.00 Pagi - 11.00 Siang. Kegiatan berlangsung selama 3 jam
Lokasi             : PAUD Griya Terletak di Komplek Griya Kencana 2 Blok P1,Ciledug Tangerang
Jumlah anak didik : 18 anak dengan 10 anak pada shift pertama dan 8 anak pada shift kedua
PIC                  : Ibu Hj. Endang Sutiarti


Laporan Kegiatan 
Anak-anak antusias untuk menulis huruf abjad di smartphone.
Tak terasa sudah week keempat. Pada week keempat kami  mengajarkan membaca huruf A-Z dan gabungan huruf vocal (a,i,u,e,o) dengan huruf konsonan kepada siswa-siswi PAUD. Seperti biasa sebelum mulai belajar Guru-guru PAUD membimbing siswa-siswi PAUD untuk berdoa dan bernyanyi.
Setelah berdoa dan bernyanyi pelajaran pun dimulai. Ternyata banyak siswa-siswi PAUD sudah mengenal huruf abjad dan mereka pun sudah bisa membaca. Namun, pada saat Jaya menanyakan berbagai pertanyaan seputar huruf abjad maupun meminta siswa-siswi PAUD untuk membaca, kebanyakan yang berani menjawab pertanyaan Jaya adalah siswa laki-laki. Siswa perempuan sebenarnya juga bisa tapi mereka masih sangat malu-malu.

Setelah memberikan pertanyaan kepada siswa-siswi PAUD, kami meminta siswa-siswi PAUD untuk menulis berbagai macam huruf abjad di smartphone Jaya dan Iqbal. para siswa dan siswi PAUD menyambut ini dengan antusias. Mereka berebut untuk menjadi yang pertama untuk menulis huruf abjad. Hasilnya, kebanyakan dari mereka bisa menulis huruf abjad seperti A,B,C, dll. Bahkan ada yang bisa menulis namanya sendiri. Tapi tetap ada yang tidak bisa menulis huruf simpel seperti huruf A
Jaya sedang menjelaskan berbagai macam binatang
Tema pelajaran kedua adalah binatang. Kami menjelaskan berbagai macam binatang dengan menggunakan (lihat gambar atas). Tidak hanya menjelaskan,kami pun menanyakan kepada siswa-siwi PAUD hewan apa saja yang ada digambar, berapa jumlah kakinya, apakah hidupnya di darat atau di air dan bagaimana suaranya. Banyak siswa PAUD yang sudah mengenal hewan-hewan yang ada digambar dan bahkan mereka tau bagaimana suara masing-masing hewan tersebut.
Gerry sedang membantu siswa PAUD menempel kapas.
Setelah menjelaskan tentang berbagai macam hewan, aktivitas selanjutnya adalah menempelkan kapas ke gambar sebuah domba. Jadinya gambar tersebut  mirip dengan domba yang aslinya. Kapas yang dimaksud seolah olah akan menjadi bulunya domba. Lalu,setelah selesai siswa-siswi PAUD diperbolehkan istirahat. Setelah itu, sebelum pulang mereka diharuskan untuk menjawab beberapa pertanyaan dulu sebelum diperbolehkan pulang.


Hasil Kegiatan:

  • Siswa-siswi Paud mengetahui huruf abjad dan mampu membaca
  • Siswa-siswi Paud mampu menulis berbagai macam huruf di smartphone
  • Siswa-siswi Paud mengetahui berbagai macam hewan dan bagaimana suaranya, jumlah kakinya, dan apakah hewan tersebut hidup di darat atau di air.
Kesimpulannya, pertemuan keempat ini siswa-siswi PAUD sudah bisa membaca dan menulis huruf abjad. Mereka juga sangat antusias dengan pembelajaran menggunakan smartphone. Dan mereka pun juga mengetahui berbagai macam hewan.

Next to do: Kami harap minggu depan kami bisa mengajak siswa-siswi PAUD untuk bermain games yang mendidik di Smartphone.
Informasi Jumlah Peserta : 18 anak 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar